KANDUNGAN BRATAWALI UNTUK KESEHATAN

Bratawali adalah sejenis tanaman merambat yang hidup di pekarangan juga hutan selitar tempat kita tnggal.manfaat yang dimiliki tanaman ini sangat banyak,meski memiliki rasa super pahit ,tetepa banyak orang mencarinya.beberapa kandungan yang di miliki bratawali ini antara lain  barberin, palmatin, alkoloid, pikroretin ,glikosida dan harsa .setiap kandungan yang dimiliki tamnaman ini berbeda khasiatnya, begitu juga tiap bagian pada tanaman ini mempunyai manfàt yang berbeda beda.

  1. manfaat akar tanaman bratawali

  2. akar dari tanaman ini mengandung pikroretin ,zar ini berfungsi sebagai perangsang kinerja urat syaraf pada saluran pernafasan sehingga terhidar dari sesak nafas dan asma.
  3. manfaat batang brataawali

  4. batàng bratawali sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan ,zat yang terkandung di dalamnya cukup banyak seperti senyawa terpan, flavonoid, alkoloid, steroid, yamg berfungsi sebagai hepatoprotektor atau bisa dikatakam sebagai pelindung hati .selain itu batangnya juga dijadikan sebagai jamu penambah nafsu makan .obat hepatitis ,obat malaria caranya adalah demgan merebus batang dan daunya lalu meminumnya.jika terkena gigitan serangga ,bisa juga dengan mengoleskan air rebusan tadi pada bagian yang terkena gigitan tersebut.bisa juga dipakai sebagai obat luar sebagai obat anti bakteri pada luka.
  5. manfaat daun bratawali 

  6. daun bratawalii direbus dngan air secukupnya .gunakan rebusan ini sebagai obat anti bakteri dan bila diminum biaa memperlancar pembuangan air besar.
tanaman ini sangat mudah ditemui di negara kita, karena hampir setiap pulau bisa di tanamin bratawali.rasa pahit pada bratawali ini dapat menjadikan racun bagi  cacing yang ada pada perut.semakin sering menglomsumsi bratawali berarti akan memyehatkan perut dan usus kita.

Comments

Popular posts from this blog

TANAMAN KUMIS KUCING MEMILIKI BANYAK KEGUNAAN

Nunung Ditangkap karena Memakai Sabu, Ini Bahaya untuk Tubuh!

RAMUAN TRADISIONAL BUAH MENGKUDU